Knowledge and Experience. They just know how to keep me feel alive.....


Wednesday, January 04, 2012

Cerita akhir dan awal tahun

Tahun baru kemarin saya punya cerita yang sangat luar biasa. Saya menyebutnya yang tak terlupakan. Unforgettable! Bisa jadi konyol. Pengen nangis juga ketawa ngakak tiap kali ingat apa yang saya alami kemarin. It was just remarkable!

Jadi, seperti yang sudah direncanakan sebelumnya, pergantian tahun akan saya habiskan di Pulau Pramuka dengan rombongan dari klub diving Hammerhead untuk ujian sertifikasi. Dengan berbekal semangat '45, sekitar jam 6.30 pagi berkumpulah kami, rombongan yang kurang lebih terdiri dari 15 orang (saya, Robin, Bee, *Wawan/Buntal/Raras beserta para instruktur dan peserta lainnya), di pelabuhan Muara Angke. Ini pertama kalinya saya merasakan berangkat dari Muara Angke (biasanya dari Marina cyiiiinn..). Pertama kalinya juga bagi Robin pergi ke kepulauan seribu.

Seperti sudah diduga, pagi itu Muara Angke rameeeeeeeee bangeeeeeettt. Macam musim mudik, ribuan orang berjubel di sana. Disambut dengan cuaca gerimis-gerimis mengundang, bikin jalanan jadi becek-becek banjir. Ditambah bau amis makhluk laut bercampur lumpur dan aroma tak sedap dari perairan yang kotor, inilah awal dari 'kesenangan' kami.

(begini nih suasana Muara Angke,, Yucks!)

Kalau mood saya lagi acak kadut, mungkin saat itu juga saya bakalan milih pulang dan pergi lain waktu aja. Tapi, karena keinginan untuk nyebur ke laut udah menggebu-gebu, saya memilih untuk tetap santai dan menikmati setiap momen hari itu. Sayangnya, hari itu malah jadi semakin parah. Saking ramenya, semua orang dalam sekejap berubah jadi bar-bar. Setiap ada kapal datang, semua langsung berkerubung dan rebutan dulu-duluan naik ke kapal. Karena rombongan kami yang banyak, barang bawaan yang juga ga sedikit dan berat (karena bawa peralatan selam),  kami ga bisa segesit orang-orang lain. Alhasil, jadilah kami terdampar selama kurang lebih 10 jam di Muara Angke, saudara-saudara!!!!

Ya, selama itu. Bisa dibayangkan, sudah berapa kali kami ganti gaya di sana. Dari mulai berdiri, jongkok, foto-foto, duduk, berdiri lagi, tidur, foto-foto lagi, sampe berdiri sambil tidur, kami lakukan di sana. Dari mulai basah kehujanan, kering, basah keringetan karena terjemur matahari sampe akhirnya badan kami terpanggang well done seluruhnya dan siap disantap. Gilaaaaaaaaaa........ Bahkan bau Muara Angke pun sepertinya sudah menyatu dengan bau badan kami.

Baru sekitar jam 4 sore kami dapat kapal menuju Pramuka. Kapal Dolphin namanya. Itupun masih berebutan dengan sisa-sisa manusia amis lainnya yang terdampar di Angke. Masuk kapal, saya, Robin, Bee dan Wawan dapat duduk di sebelah abege-abege alay yang ga jelas banget mau ngapain sama hidupnya. Kenapa saya bilang gitu? Ini alasannya (percakapan yang saya dan Wawan dengar di antara mereka) :

Alay 1 : "Eh ini kapal ke mana sih?"
Alay 2 : "Iya ke pulau apa nih kita?"
Alay 3 : "Gue ga peduli deh ke pulau apa aja. Yang penting gue taun baruan di Pulau"

Saya dan Wawan : *Waaakkwaaaoooo.... Eeeeeaaaaaa... Teeerooorreeeett toooreeettt....  -_____-"*

Denger yang kyak gitu rasanya pengen saya jitak-jitakin satu-satu kepala bocah-bocah itu. Well, saat itu saya pikir "yaudalah yaaa, cuma 3 jam ini di perjalanan sama mereka. Bodo amat deh." Dan ternyata saya salah besar. Sepertinya kata-kata expect the unexpected tepat banget untuk menggambarkan hari itu. Baru satu setengah jam perjalanan, kapalnya mogok. Dan kami pun terombang-ambing di tengah laut.

(mulai stress selama menunggu dan di atas kapal)

Singkat cerita, setelah beberapa lama terombang-ambing, datanglah bala bantuan kapal-kapal kecil buat ngangkut dan ngurangin kapasitas penumpang di Dolphin. Kapal kami akhirnya menepi di Pulau Untung Jawa selama sekitar 45 menit untuk diperbaiki. Selama kapal diperbaiki, saya dan rombongan bisa bernapas sedikit lebih lega. Bisa mengisi perut sambil duduk-duduk menghirup udara laut dari pinggir pantai, sebelum melanjutkan perjalanan.

Dan satu jam sebelum pergantian tahun, saya dan rombongan akhirnyaaaaaa tiba juga di tempat tujuan. Pengen langsung sujud syukur cium tanah rasanya bisa sampe juga dengan selamat. Bayangin aja, perjalanan yang kami tempuh hari itu sebanding dengan perjalanan Jakarta-Amsterdam dengan pesawat terbang. Perasaan saya udah campur aduk sama seperti isi perut dan otak saya yang teraduk-aduk dan berceceran selama perjalanan di laut dengan ombak lumayan besar. Saya dan rombongan pun langsung menuju penginapan, makan malam, mandi dan tepat jam 12 saling mengucapkan selamat tahun baru, sebelum akhirnya pergi tidur.

Besoknya, hari pertama di tahun 2012, jam 6 kurang kami sudah dibangunkan untuk bersiap-siap pergi menyelam. Yeeeaayyy!! Karena waktu banyak terbuang di hari sebelumnya, jadilah hari itu kami harus bergerak lebih cepat. Untuk ujian sertifikasi minimal kami harus dapat 3 kali menyelam. Sedihnya hari itu Bee jatuh sakit. Fisiknya drop karena perjalanan yang kami alami hari sebelumya. Bee terpaksa harus istirahat di penginapan dan ikut ujian pada trip selanjutnya. (Tetap semangat, Buns! :-) ) 

Setengah hari pertama di tahun baru saya habiskan kembali di tengah laut untuk ujian menyelam. Tiga kali menyelam lumayan membayar apa yang sudah saya alami hari sebelumnya. Saya senang! Ujian saya berjalan lancar, tanpa ada gangguan berarti. Pencapaian pertama saya di tahun ini : Punya diving license! ^_^ *walaupun belum beneran dipegang barangnya* Puas juga akhirnya bisa ngelakuin dan ngedapetin yang saya udah lama mau. Hehehe.

Dan tepat jam 5 sore hari itu, kami kembali naik kapal menuju Muara Angke. Untungnya perjalanan pulang ga pake mogok-mogok segala. Walaupun pake rusuh juga pas naik kapal, tapi semuanya jauh lebih aman dibanding waktu berangkat. Perjalanan pulang pun hanya makan waktu 2,5 jam saja. Alhamdulillah. Masih ada aja yang bisa disyukuri, kan? Semoga aja kelancaran di awal tahun yang saya dapat, bisa terus bertahan jadi keberuntungan dan kelancaran untuk saya di sepanjang tahun dalam segala hal.


So, this is my story. What's yours?

-Gie-


Notes:
*Wawan/Buntal/Raras : sejenis makhluk jadi-jadian dari dalam laut, yang saya kenal lewat Bee. 
- Foto-foto lainnya mungkin menyusul nanti :)

2 comments:

  1. haha kocak bgt cerita soal si alaynya.
    cerita sertifikasinya dungs gieeee?? ditunggu lhoooo.

    ReplyDelete
  2. @Iboy : iya, nanti Insya Allah mau nulis soal sertifikasinya, boyke. Klo udah dapet foto2 lainnya. Thanks sudah mampir2.. :)

    ReplyDelete